Senin, 26 Oktober 2015

Prinsip Kesetimbangan Kimia



Eva Pebrianty Purnama (41615010061)
Rika Febriani (41615010063)


Pengertian ketetapan kesetimbangan kimia   
              Ketetapan kesetimbangan kimia merupakan suatu reaksi yang dapat membentuk kembali zat pereaksi. Reaksi ini juga disebut juga reaksi dua arah atau reaksi bolak-balik (reversible).

Tetapan kesetimbang kimia
          Tetapan kesetimbangan kimia dibagi menjadi 2:
  1. Keseimbangan berdasarkan konsentrasi(kc), merupakan hasil kali konsentrasi reaksi dibagi dengan hasil kalikonsentrasi pereaksi,setelah zat-zatnya dipangkatkan sesuai dengan koefisiennya. Reaksi: mA+nB<->pC+qD 
  2. Konsentrasi berdasarkan tekanan parsial(kp), merupakan hasil kali tekanan parsial gas-gas hasil reaksi dibagi dengan hasil kali tekanan parsial gas zat-zat pereaksi setelah tiap gas-gas dipangkatkan dengan koefisiennya menurut pesamaan reaksi kesetimbangan.                        Reaksi: aA+bB<->cC+dB

Jenis-jenis kesetimbangan kimia         
            Berdasarkan fasa zat-zat yang terlibat dalam reaksi,kesetimbangan kimia dapat di kelompokan menjadi kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
1.    Kesetimbangan homogen adalah suatu reaksi kesetimbangan yang zat-zat terlibat dalam reaksi,memiliki fasa yang sama.
Umumnya kesetimbangan homogen merupakan reaksi-reaksi pada fase gas.
Contoh: 2Hl(g) <--> H2(g)+I2(g)
2.    Kesetimbangan heterogen adalah suatu reaksi kesetimbangan yang zat-zat terlibat dalam reaksi memiliki fasa yang berbeda.
Contoh: La2(C2O4)3(s) <->La203(s)+3C02(g)

Faktor yang mempengaruhi kesetimbangan:
Konsentrasi tekanan volume suhu katalis.

Cara menuliskan persamaan reaksi kesetimbangan 
             Persamaan reaksi kesetimbangan kimia dapat dituliskan dengan mencantumkan panah bolak balik.panah tsb menyatakan bahwa reaksi berlangsung dua arah.


Ciri-ciri cara setimbang:
  • Terjadi dalam wadah tertutup,pada suhu dan tekanan tetap. 
  • Reaksinya berlangsung terus-menerus (dinamis) dalam dua arah yang berlawanan. 
  • Laju reaksi ke reaktan sama dengan laju reaksi ke produk 
  • Konsentrasi produk dan reaktan tetap. 
  • Terjadi secara mikrosopis pada tingkat partikel zat.

Pengaruh tekanan dan volume terhadap kesetimbangan kimia
            Apalagi tekanan pada system ditambah/volume diperkecil maka reaksi kesetimbangan akan bergeser kea rah jumlah molekul yang lebih kecil.
Apalagi tekanan pada system diperkecil/volume ditambah maka reaksi kesetimbangan akan bergeser kea rah jumlah molekul yang lebih besar.

Hukum kesetimbangan kimia
             Hukum kesetimbangan kimia atau tetapan kestimbangan adalah perbandingan dari hasil kali konsentrasi produk berpangkat koefisiennya masing-masing dengan konsentrasi reaktan berpangkat koefisiennya masing-masing.

Rumus umum kesetimbangan kimia
[A]m+[B] = [C]p+[D]q
             K = [C]p[D]q/[A]m[b]n

Kapan suatu reaksi mencapi kesetimbangan?
              Suatu reaksi kimia adu arah mecapai kesetimbangan jika kedua proses yang berlawanan terjadi dengan laju yang sama.artinya,laju reaksi kekanan sama dengan laju reaksi ke kiri sehingga tidak terjadi perubahan bersih dalam system pada kesetimbangan.definisi inilah yang disebut dengan kestimbangan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar